Just stay and keep talking

Pada awalnya manusialah yangmenciptakan kebiasaan. Namun lama kelamaan, kebiasaanlah yang menentukan tingkah laku manusia.
Ada seorang yang hidupnya amat miskin. Namun walaupun ia miskin ia tetap rajin membaca.Suatu hari secara tak sengaja ia membaca sebuah buku kuno. Buku itumengatakan bahawa di sebuah pantai tertentu ada sebuah batu yang hidup,yang boleh mengubah benda apa saja menjadi emas.
Setelah mempelajari isi buku itu dan memahami seluk-beluk batu tersebut,dia pun berangkat menuju pantai yang disebutkan dalam buku kuno itu. Dikatakan dalam buku itu bahwa batu ajaib itu agak hangat bila dipegang, seperti halnya apabila kita menyentuh makhluk hidup lainnya. Setiap hari pemuda itu memungut batu, merasakan suhu batu tersebut lalu membuangnya ke laut jika batu dalam genggamannya itu dingin saja. Satu batu, dua batu, tiga batu dipungutnya dan dilemparkannya kembali ke dalam laut. Satu hari, dua hari, satu minggu,setahun ia berada di pantai itu.
Kini menggenggam dan membuang batu telah menjadi kebiasaannya.
Suatu hari secara tak sedar, batu yang dicari itu tergenggam dalam tangannya. Namun karena dia telah terbiasa membuang batu ke laut, maka batu ajaib itu pun terbang ke laut dalam.
Lelaki miskin itu meneruskan ‘permainannya’ memungut dan membuang batu. Ia kini lupa apa yang sedang dicarinya.
MORAL KISAH INI: Sahabat, pernahkah kita merasakan kalau hidup ini hanyalah suatu rutin yang membosankan? Dari kecil, kita sebenarnya sudah dapat merasakannya, kita harus bangun pagi-pagi untuk bersekolah, lalu pada siangnya kita pulang, mungkin sambil melakukan aktiviti lainnya, seperti belajar, menonton TV, tidur, lalu pada malamnya makan malam, kemudian tidur, keesokkan harinya kita kembali bangun pagi untuk bersekolah, dan melakukan aktivitas seperti hari kemarin, hal itu berulang kali kita lakukan bertahun-tahun. Hingga akhirnya tiba saatnya untuk kita bekerja, tak jauh bedanya dengan bersekolah, kita harus bangun pagi-pagi untuk berangkat ke pejabat, lalu pulang pada petang/malam harinya, kemudian kita tidur, keesokan harinya kita harus kembali bekerja lagi, dan melakuan aktivitas yang sama seperti kemarin, sampai kapan?
Pernahkah kita merasa bosan dengan aktivitas hidup kita? Kalau ada di antara teman-temanku ada yang merasakan demikian, dengarkanlah nasihatku ini :“Bila hidup ini cuma suatu rutinitas yang membosankan, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk menemukan suatu nilai baru di sebalik setiap peristiwa kehidupan.” Artinya, jangan melihat aktivitas yang kita lakukan ini sebagai suatu kebiasaan atau rutinitas, karena jika kita menganggap demikian, maka aktivitas kita akan amat sangat membosankan !! Cobalah mengerti setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kita, mungkin kita akan menemukan suatu yang baru, sesuatu yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, “Setiap hari merupakan hadiah baru yang menyimpan sejuta arti.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: