Just stay and keep talking

Saat lampu oli pada dashboard mobil menyala, berarti ada yang tidak beres pada kendaraan. Sama seperti mobil, tubuh juga mengirim pesan saat ada yang tidak beres. Contohnya, nyeri dada, sesak napas, pusing, dll.

Yang perlu diperhatikan, kapan hal itu benar-benar menjadi tanda adanya suatu penyakit dan kapan bukan? Dalam bukunya, Your Body’s Red Light Warning Signals, Neil Shulman, MD, profesor spesialis penyakit dalam di Emory University School of Medicine, Atlanta, AS, memberi enam simtom medis yang harus Anda waspadai.

KESEMUTAN

Kesemutan biasanya merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalurkan. Misalnya, jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama.

Namun, bila kesemutan timbul secara tiba-tiba (tanpa ada sebab), hati-hatilah, karena keluhan ini bisa menandakan gejala penyakit kencing manis, gangguan ginjal, hipertensi, tumor otak, bahkan stroke.

Kapan harus Diwaspadai?

– Jika Anda mengalami mati rasa atau melemahnya kemampuan gerak secara mendadak di daerah wajah, tangan, atau kaki, terutama jika terjadi hanya di satu sisi tubuh (kiri atau kanan).

– Penglihatan kabur, pada salah satu atau kedua mata.

– Kehilangan keseimbangan secara mendadak ketika sedang berdiri atau berjalan.

– Sering sakit kepala mendadak tanpa diketahui penyebabnya.

– Jika kesemutan ini disertai dengan tanda-tanda lain, seperti gangguan penglihatan dan pendengaran, bahkan sakit kepala dan sering muntah-muntah.

Yang harus Dilakukan

Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Bila ditangani lebih dini, penyakit fatal seperti yang disebutkan sebelumnya, bisa dicegah, bahkan diobati dengan mudah.

SAKIT KEPALA

Biasanya, pusing atau sakit kepala terjadi bila di bagian kepala terasa sakit atau nyeri yang berasal dari dalam rongga kepala. Seringkali, untuk mengatasinya, kita hanya mengonsumsi obat pusing. Namun, bila sakit kepala tak kunjung sembuh, berarti ada indikasi lain. Bisa jadi nyeri di kepala itu adalah sinyal penyakit stroke, tumor otak, atau radang selaput otak.

Kapan harus Diwaspadai?

– Saat bangun tidur kepala malah terasa pusing atau berputar (mengakibatkan tubuh sempoyongan pada saat mencoba berdiri), lalu dibarengi dengan rasa mual.

– Gangguan pada penglihatan dan keseimbangan menurun.

– Bila sakit kepala disertai dengan kejang-kejang, tubuh melemah, dan mati rasa.

Yang harus Dilakukan

Konsultasikan dengan dokter, apakah Anda perlu minum obat-obatan khusus, menjalani CT Scan (foto tengkorak kepala), atau melakukan pemeriksaan dengan alat MRI (magnetic resonance imaging) untuk mengungkap jelas apakah benar Anda mengalami gangguan pada pembuluh darah di otak.

NYERI DADA

Rasa nyeri di daerah dada ini bisa menjadi gejala penyakit jantung. Nyeri ini antara lain disebabkan adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan dan pasokan oksigen ke otot jantung. Misalnya, kebutuhan oksigen meningkat, namun pasokannya terlalu rendah. Kadangkala nyeri ini terjadi saat Anda sedang meledakkan amarah, atau sedang kelelahan karena berolahraga terlalu berat.

Kapan harus Diwaspadai?

– Bila nyeri dada datang tanpa sebab. Misalnya, sewaktu Anda beristirahat, seperti sedang duduk-duduk santai atau sedang rebahan. – Lokasi nyeri di dada kiri atau di pertengahan dada. Rasanya seperti ditekan benda berat, ditusuk jarum, atau panas seperti terbakar.

– Nyeri berlangsung cukup lama, lebih dari 10 menit.

Yang harus Dilakukan

Segera periksakan diri ke dokter. Sebab, semua yang Anda rasakan tadi merupakan tanda-tanda penyakit jantung koroner. Biasanya, makin berat penyakit, nyeri dada yang Anda alami akan berlangsung makin lama.

Ketika nyeri menyerang, bisa disertai keringat dingin, gelisah, kaki dan tangan dingin, hingga kejang-kejang, kesadaran menurun, atau pingsan, itu berarti Anda butuh pertolongan medis.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: